Ayah & bunda, bagaimana kita menjawab pertanyaan di atas? Ada, atau belum ada? Kita akan menjawab ‘ada’ jika kita telah pernah menemukan tempat belajar Al-Quran yang memang sesuai dengan kebutuhan kita. Tapiii, apa iya tempat itu benar-benar ada?

Ada atau tidaknya, kembali kepada ekspektasi/harapan kita terhadap tempat tersebut. Tapi yang pasti, sebuah fasilitas belajar Al-Quran haruslah memenuhi beberapa syarat berikut agar dapat dikatakan berkualitas dan ramah anak. Syarat-syarat tersebut seperti adanya metode belajar membaca Al-Quran yang sesuai dengan kebutuhan anak, menggunakan konsep bermain sambil belajar, mampu memberikan solusi bagi anak dan orangtua, serta selalu membudayakan karakter terbaik maupun sopan-santun.

Tidak efektifnya proses belajar Al-Quran sering kali terjadi karena anak tidak belajar sesuai dengan kebutuhannya. Ini akan membuat proses belajar menjadi lebih lama. Selain itu, nuansa belajar Al-Quran yang biasanya digelar dalam kelas-kelas yang ramai ikut mempengaruhi konsentrasi maupun semangat belajar anak.

Apa solusinya?

Les private membaca Al-Quran mungkin saja bisa menjadi solusi efektif. Hanya saja, dalam kondisi private dimana satu anak diajar oleh satu guru, maka interaksi pada proses belajarnya akan sangat minim. Efeknya, aspek sosial dan emosional anak terabaikan. Madrasah Diniyah Awwaliyah (MDA) dengan kapasitas kelas yang besar memang memberi peluang yang lebih besar pada aspek sosial dan emosional. Hanya saja, seperti yang kita bahas di atas, MDA juga terkadang kurang efektif karena banyaknya gangguan terhadap konsentrasi anak serta juga metode belajar yang sulit untuk fokus pada kebutuhan masing-masing anak.

Minimnya solusi terhadap permasalahan ini mendorong Rumah Bermain Bilal untuk mengembangkan metode belajar membaca Al-Quran khusus yang ramah anak. Metode ini disesuaikan dengan kebutuhan anak per anak sehingga lebih tepat sasaran dan juga relatif cepat membentuk kemampuan mengaji pada anak. Tak hanya itu, konsep bermain sambil belajar ala Rumah Bermain Bilal yang fun juga diterapkan pada kelas ini. Aturan tersebut juga berlaku pada materi akhlak dan karakter yang selalu didapatkan anak di setiap pertemuan.

Rumah Bermain Bilal menggunakan media belajar yang variatif dan kreatif. Selain mempermudah anak dalam memahami materi, media belajar ini akan membuat anak nyaman karena bisa belajar sambil bermain. Wajar jika kemudian anak menjadi kecanduan belajar.

Nah ayah & bunda, tunggu apa lagi? Yuk segera daftarkan putra-putri kita di Rumah Bermain Bilal. Ketersediaan kelasnya terbatas lho.