Assalamu’alaikum warrahmatullahi wa barakatuh. Ayah dan bunda yang bijaksana, semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan selalu dalam perlindungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Aamiin aamiin aamiin ya rabbal’alamiin. Kali ini kita akan membahas ulang tentang pentingnya pendidikan anak usia dini berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah.

Pendidikan Anak Usia Dini Berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah
Pendidikan Anak Usia Dini Berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah

Orangtua sangat menyadari bahwa pendidikan anak usia dini berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah itu sangatlah penting. Penting untuk masa depan anak-anak yang lebih baik dan membanggakan. Tetapi ada beberapa factor yang membuat kebanyakan orangtua mengabaikan itu bahkan tidak mewujudkannya. Faktanya, masalah ekonomi masih menjadi masalah terbesar orangtua tidak memberikan pendidikan sejak diri pada anak-anak mereka. Sibuknya para orangtua bekerja mencari nafkah untuk kebutuhan hidup, serta kurangnya ilmu pengetahuan tentang agama tak jarang membuat orangtua mengabaikan pendidikan anak.

Banyak kita jumpai para orangtua bekerja dan menitipkan anaknya untuk diasuh oleh orang lain seperti baby sister atau di tempat penitipan anak. Para orangtua yang membuat keputusan bahwa hak asuh anak diberikan kepada orang baru yang di kenal sangatlah beresiko. Kenapa?? Banyak juga kita jumpai anak yang diasuh oleh yang bukan orangtua atau keluarganya mengalami banyak masalah dalam tumbuh kembang mereka. Seperti memiliki mental penakut, tidak mau bersosialisasi, murung, tidak berani jujur dan lain sebagainya. Bahkan banyak juga anak mendapatkan perlakuan yang buruk. Seperti kekerasan, perlakuan tidak pantas, bahkan sampai terjadi pembunuhan.

Dalam kasus ini siapakah yang harus disalahkan? Orangtua? Pengasuh anak? Kita bisa menyimpulkannya dengan berbagai tanggap sesuai pola fikir kita tentang permasalahan tersebut. Mungkin kasus ini sering kita jumpai di lingkungan keluarga yang memiliki perekonomian menengah keatas, karena mereka pada umumnya memiliki sedikit waktu untuk keluarga, waktunya lebih banyak terporsir pada pekerjaan, sehingga hal ini sangat berpengaruh terhadap pendidikan anak dan tumbuh kembang anak. Bahkan permasalahan yang lebih parah dan menyedihkan ialah orangtua yang memiliki perekonomian dibawah atau kekurangan. Mengapa? Karena mereka sebagai orangtua lebih memilih untuk mencari nafkah ketimbang mendidik anak. Sudahkah kita sebagai orangtua mengerti pentingnya pendidikan anak usia dini berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah? Karena sejatinya mendidik anak usia dini berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah adalah hal yang sangat penting.

Ayah dan bunda yang budiman, bukankah anak adalah aset dunia dan akhiratnya para orangtua? Ataukah kita sebagai orangtua tidak menyadarinya? Pada dasarnya anak adalah amanah Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang luarbiasa indah dan harus kita jaga dengan sebaik-baiknya, maka dari itu ayah dan bunda mari kita kembalikan lagi kepada Al-Qur’an dan Sunnah dalam mendidik anak. Semakin dini kita memberikan pendidikan kepada anak maka akan semakin bagus, Mengapa? Karena mereka akan memiliki wawasan yang luas dan memiliki ilmu yang bermanfaat untuk bekal masa depan mereka.

Pertanyaannya adalah pendidikan seperti apa yang kita berikan kepada anak? Pola didikan seperti apa yang mudah diterima oleh anak. Karena masa tumbuh kembang anak dalam menyerap ilmu itu berbeda-beda. Setiap tahunnya mereka akan tumbuh menjadi orang yang lebih aktif dalam mengenal dunia. Lantas bagaimana cara kita memberikan mendidikan sesuai dengan usianya? Maka dari itu kita ambil pelajaran dalam mendidik anak dari suri tauladan kita yaitu Rasulullah Shalallahu’alaihi Wa Salam.

Contoh dari Rasulullah Shalallahu’alaihi Wa Salam dalam mendidik anak usia dini berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah adalah :

  • Menamamkan nilai-nilai ketauhidan kepada anak.
  • Mengajarkan anak aturan hidup berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah.
  • Mengajarkan akhlak berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah.
  • Memerintahkan anak sholat ketika anak mulai memasuki umut 7 tahun.
  • Mengajarkan anak untuk cinta Nabi, keluarga dan cinta membaca Al-Qur’an.
  • Menceritakan kisah-kisah tauladan hidup para Nabi dan Rasul.

Mengapa lebih banyak pendidikan tentang keagamaan dibandingkan pendidikan pada umum lainnya? Perlu kita ketahui ayah bunda bahwa memberikan Pendidikan nilai ketauhidan bertujuan untuk memperkenalkan anak kepada sang pencipta, mengenalkan anak kepada agama mereka, mengajarkan anak fitrahnya lahir kedunia. Selain dari perkenalan tersebut perlu juga membetuk akhlak, karakter yang berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah serta mengajarkan nilai nilai syariat islam. Sehingga apa yang mereka lakukan sesuai dengan apa yang mereka yakini yaitu Al-Qur’an dan Sunnah.

Kita sama-sama tau bahwa banyak sekolah sekarang tidak mengedapannya nila-nilai syariat islam dalam mendidik anak. Dan banyak juga pendidiknya tidak memiliki akhlak yang baik sehingga sedikit banyaknya anak meniru apa yang gurunya lakukan disekolah. Tugas kita sebagai orangtua ialah mencari sekolah untuk menunjang nilai keislaman anak. Sekolah yang memang benar-benar menerapkan nilai-nilai syariat islam dalam segala aktivitasnya, sekolah yang memang benar-benar memfokusnya ke akhlak anak dan adab anak. Sekolah seperti ini yang langka di Indonesia, Mengapa? Karena kita terbiasa disugukan dengan pola didikan orang luar, kebarat-baratan. Sehingga lupa dengan pendidikan sesungguhnya. Disamping pentingnya mencari sekolah yang tepat untuk anak-anak kita, perlu diperhatikan juga kualitas pengajarnya disekolah. Karena akhlak seorang guru/pengajar akan sedikit banyaknya akan memberikan pengaruh kepada anak.

Seperti perkataan ustad Budi Azhari, Lc yang mengatakan “carikanlah pendidik yang bukan saja berilmu tinggi, tapi juga berakhlak mulia. Karena seringkali yang tidak diucapkan tapi terajarkan”.

Ayah dan bunda yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Semoga kita bisa menerapkan ajaran-ajaran Al-Qur’an dan Sunnah dalam mendidik buah hati kita sehingga mereka menjadi harta dunia dan akhirat kita. Aamiin aamiin aamiin Ya Rabbal’alamiin.

Jangan lupa likenya ya ayah dan bunda, daaannn bagi ayah dan bunda yang ingin membaca artikel lainnya seputar pendidikan anak usia dini berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah bisa kunjungi link kami di rumahbermainbilal.com

Untuk ayah dan bunda yang ingin mencari sekolah / bimbel islami untuk anak usia dini dan anak SD yang memiliki program Pendidikan Anak Berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah silahkan kunjungi Rumah Bermain Bilal JL. IKHLAS NO.2i Kel. Labuh Baru Timur Kec. Payung Sekaki (Seberang Giant Nangka) CP 082283119093

Program belajar Rumah Bermain Bilal :

  1. Toddler
  2. Iqra’tahfiz
  3. Calistung
  4. Tematik

atau bisa juga kunjungi web kami di  http://www.rumahbermainbilal.com