Assalamu’alaikum warrahmatullahi wa barakatuh ayah dan bunda yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Kembali lagi dengan kami diwebsite rumah bermain bilal, kali ini kita akan coba membahas tentang masalah yang masih ada erat kaitannya dengan pendidikan anak yaitu memberikan pendidikan iman dan taqwa.  Dizaman yang semakin canggih ini, sedikit banyaknya memberikan pengaruh yang luar biasa tidak baik bagi anak-anak kita. Sehingga kita sebagai orangtua harus extra dalam memberikan pemahaman, pendidikan serta perlindungan untuk buah hati kita. Tindakan yang kita ambil sekarang akan berpengaruh untuk masa depan anak kita kelak.

 

Ayah dan bunda yang budiman, dalam mendidik anak seyogyanya kita mengkuti pedoman asli kita yaitu Al-Qur’an dan Sunnah. Mengapa kita harus mengembalikan lagi cara mendidik anak kita dengan pedoman asli kita yaitu Al-Qur’an dan Sunnah? mari kita mencoba mengambil dari sudut pandang pendidikan yang di terima anak zaman sekarang. Realitanya banyak terjadi anak-anak terjerumus dalam aktivitas-aktivitas yang tidak baik dan tidak sehat. seperti narkoba, pergaulan bebas, konsumsi miras, bolos sekolah, tawuran, bahkan kasus pembunuhan diakibatkan masalah hal yang sepele. bukankah ini sangat berbahaya bagi generasi kita ayah dan bunda? jika kita tidak segera memberikan pendidikan iman dan taqwa pada anak, dimasa depan bisa kita lihat bagaimana generasi anak-anak kita kelak bisa jadi lebih buruk dari dugaan kita.

 

Jika bukan sekarang kapan lagi, dan jika bukan kita siapa lagi yang akan memperbaiki masa depan anak-anak kita. Dan untuk memberikan nilai-nilai pendidikan iman dan taqwa  berdasarkan berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah, alangkah lebih baiknya kita mulai dari diri kita terlebih dahulu, sehingga anak kita juga bisa meniru apa yang kita lakukan. Karena jika tiada nilai keimanan dan ketaqwaan pada diri anak kita, bisa dipastikan tiada kebaikan yang akan ada dalam kehidupan mereka dan kehidupan kita tentunya. Maka dari itu ayah dan bunda, dalam mendidik anak tidak hanya tugas dari seorang ibu saja atau dari seorang ayah saja, tetapi kedua-duanya. Perlu sama-sama menyatukan visi dan misi dalam mendidik anak serta kerjasama ayah dan bunda dalam mensukseskan pendidikan yang diterima anak.

 

Setiap anak memiliki cara yang unik dalam proses balajar mereka yang kadang kita sebagai orangtua tidak memahami itu. Padalah kita telah belajar dan kita telah tau bahwa setiap orang memiliki caranya tersendiri dalam mendapatkan sesuatu, menerima sesuatu dan memberikan sesuatu. Tapi tak bisa kita pungkiri juga bahwa kita sebagai orangtua terkadang susah menerapkan nilai-nilai tertentu seperti pendidikan iman dan taqwa kepada anak kita karena kita berfikir mereka terlalu kecil untuk menerima yang seperti itu dan mereka belum masanya perlu kita terapkan hal itu. Ternyata itu adalah salahan yang fatal ayah dan bunda.

 

Untuk mengikuti perkembangan zaman yang tidak bisa kita hindari, maka dari itu kita sebagai orangtua harus extra kerja keras dalam menentukan pola pendidikan yang tepat dan baik untuk anak kita. Pola pendidikan yang sifatnya tidak mengekang tetapi terikat, memberikan kebebasan namun dengan batasan-batasan yang kongkrit. Sehingga kita bisa memberikan pendidikan iman dan taqwa kepada anak sebagai pedoman mereka unutk menghadapi zamannya.

 

pendidikan iman dan taqwa
pendidikan iman dan taqwa

Ayah dan bunda yang budiman, untuk menentukan pola pendidikan iman dan taqwa mereka kita mesti menerapkannya dengan formula yang tepat sehingga pendidikan itu tidak menghilangkan kreativitas pada diri mereka. Dan perlu kita ketahui bahwasanya anak pada umumnya suka membayangkan apa yang ingin mereka lakukan, kejadian apa yg dilihat mereka dan mereka ialah pengingat yang kuat. Maka dari ayah dan bunda, tindakan apa yang kita lakukan kepada mereka sangatlah berpenbaruh terhadap tumbuh kembang mereka juga penilaian mereka terhadap kita kelak.

 

Menurut beberapa tokoh pendidikan anak, anak membutuhkan lingkungan yang memiliki peraturan namun tidak mengikat /tidak detail. Sebab kebanyak mereka tidak menyukai itu. Pola asuh didikan yang kita berikan sekarang akan sangat berdampak untuk perkembangan mereka dan masa depan mereka. Untuk itu kita memulai semunya dari ilmu agama telebih dahuu. Pada masa tertetu mereka akan mengenal yang namanya dunia sekolah, yang mana sebenarnya sekolah adalah the second choice untuk membangun dan menerapkan pola pendidikan yang kita harapakan, tetapi apakah semua sekolah memilki tujuan yang sama dalam mendidik anak kita sesuai dengan apa yang kita harapkan? Sesuai dengan yang seharusnya? Kebanyak tidak. Maka dari itu ayah dan bunda kita sebagai orangtua mesti pandai-pandai memilih dan memilah sekolah yang tepat untuk anak kita agar terhindar dari dampak negatif yang sangat tidak bisa ditebak dizaman milenial sekarang. Kita mesti mencari sekolah yang benar-benar mengajarkan nilai keimanan dan ketaqwaan dalam mendidik anak-anak kita.

 

Ayah dan bunda pembelajar sejati, dengan kita selalu melibatkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam mendidik anak, Insya Allah kita akan terhindar dari keburukan dunia, dan kesenangan yang semu. Semoga kita selalu diberikan petunjuk jalan yang benar, jalan yang lurus, jalan yang diridhoi Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam melakukan segala hal. Aamiin aamiin aamiin ya rabba’alamiin.

 

pendidikan iman dan taqwa
pendidikan iman dan taqwa

Tiada pendidikan yang lebih indah hasilnya dibandingankan pendidikan iman dan taqwa. Karena iman yang tertancap dalam hati yang dalam dan diperkuat dengan taqwa yang kokoh, maka tiada kesulitan yang tak bisa dihadapi, tiada rintangan yang tak bisa di lalui. Karena sejatinya anak adalah asset dunia dan akhiratnya kita sebagai orangtanya. Tindakan kita sekarang menentukan tindakan apa yang anak kita lakukan dimasa depan. seperti hadits berikut :

“Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah, lalu kedua orangtuanya yang menjadikan ia Yahudi, Nasrani atau Majusi.” (HR. Baihaqi).

 

Bagi ayah dan bunda yang mencari bimbel islami untuk menunjang pendidikan anak bisa kunjungi link berikut :

website : www.rumahbermainbilal.com

facebook : rumah bermain bilal

instagram : rumah bermain bilal