Assalamu’alaikum warrahmatullahi wa barakatuh ayah dan bunda yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta’ala, kembali lagi bersama kami di website rumah bermain bilal. Kali ini kita akan membahas 3 karakter yang penting yang harus dimiliki anak. Anak adalah anugrah yang terindah dalam kehidupan kita. Terlebih lagi ketika mereka tumbuh menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Maka hal itu adalah karunia terbesar yang kita terima dalam hidup kita dan itu adalah anugrah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Ada beberapa karakter yang harus dimiliki seorang anak agar kelak ia jadi pemimpin untuk dirinya, untuk keluarganya, dan masyarakat. Diantarnya adalah karakter yang telah dimiliki pejuang-pejuang islam yang telah lahir terdahulu dan menjadi tonggak peradaban dalam islam kala itu. Sebutlah diataranya seperti salahuddin al-ayubi, Muhammad Al-Fatih dan seterusnya. Seperti tertulis dalam sejarah bahwa mereka adalah orang-orang yang teguh dalam memegang keyakinan kepada Allah Subhanhu Wa Ta’ala. Menjadi barisan terdepan dalam memerangi musuh-musuh Allah Subhanhu Wa Ta’ala. Menjadi pribadi yang pemberani dalam membela agama Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Mereka terinspirasi dari pejuang-pejuang sebelumnya yaitu Rasulullah ?. Karakter tersebut ialah sebagai berikut :

1. Memiliki karakter salimul aqidah (aqidah yang sempurna)
Kita udah pernah dengar cerita seorang ayah bernama lukman yang mengajarkan kepada buah hatinya, wahai anakku janganlah kamu menyekutukan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Oleh karena itu kita sebagai orangtua sebaiknya mengantarkan anak kita agar semakin mengenal Allah Subhanahu Wa Ta’ala, mencintaiNYA, ta’at beribadah kepadaNYA dan tanpa menyekutukanNYA. Sehingga mulai terbentuk sejak dini kepada diri anak tanda-tanda memiliki karakter salimul aqidah (aqidah yang sempurna)

Fenomena sekarang masih banyak masyarakat kita yang menggunakan benda-benda, ajimat-ajimat yang mana itu dilakukan mereka agar anak mereka bisa terlindungi dan bisa aman dari gangguan hal-hal yang tidak diingankan. Padahal, kita tau bahwa sebaik-baiknya pelindung adalah Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Oleh sebab itu bagaimana cara kita melatih anak kita agar memiliki karakter salimul aqidah (aqidah yang sempurna), tentu perlu adanya keteladanan dari kita sebagai orangtua.

2. Memiliki karakter sohibul ibadah (ibadah yang benar)
Alangkah indahnya bila anak-anak kita sudah bisa menjaga ibadah sholatnya, yang dimulai dari menjaga wudhunya dan ibadah-ibadah lainnya yang telah diajarkan oleh Rasulullah ?. Hal ini juga harus dimulai dari kita sebagai orangtuanya. Ayah juga bisa menjadi teladan, ibu juga bisa menjadi teladan bagi anak-anaknya. Sehingga bisa terlihat tanda-tanda anak memiliki karakter sohibul ibadah (ibadah yang benar). Serta terbentuklah keluarga yang berjihad dan beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena inilah cara mengundang pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam kehidupan kita.

3. Memiliki karakter matinul khuluq (keteguhan Akhlak)
Anak dikatakan memiliki karakter matinul khuluq (keteguhan akhlak) Ketika nanti mereka menjadi seorang yang kuat, namun mereka tetap rendah hati, ketika mereka punya kekayaan, seperti dunia ini ada dalam genggaman mereka, mereka tetap menjadi orang-orang yang rendah hati. Selalu berbagi dan peduli dengan sesama tanpa melihat latar belakang seseorang. Semua itu bisa terjadi Karena telah terbentuknya kemuliaan akhlak pada diri mereka.

Ayah dan bunda yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 3 hal ini adalah suatu hal yang sangat penting yang harus dimiliki anak-anak kita begitun juga kita sebagai orangtua. Ketika suatu saat nanti mereka ingin menjadi apapun, mereka bisa dan layak mendapatkan itu karena telah memiliki karakter tersebut, karakter yang terbentuk dari didikan kita sebagai orangtuanya.

Bagi ayah dan bunda yang ingin mencari bimbingan belajar berbasis islami kini telah hadir Bimbel Rumah Bermain Bilal. Rumah Bermain Bilal memiliki 4 program belajar sebagai berikut :
1. Toddler Class mulai usai 3 tahun
2. Iqratahfidz Class mulai usia 4 tahun
3. Calistung Class mulai usia 5 tahun
4. Tematik K13 untuk anak SD kelas 1-6

Informasi lebih lanjut bisa hubungi tim kami di :
CP WhatsApp
0853-7630-1721
0853-7630-1721
0853-7630-1721
(Ummy Wulan)