Assalamu’alaikum warrahmatullahi wa barakatuh. Kembali lagi bersama kami di website rumah bermain bilal. Ayah dan bunda yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Kejujuran merupakan salah satu nilai kehidupan yang penting untuk kita ajarkan kepada anak sejak usia dini. Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa kejujuran adalah mata uang yang berlaku di mana pun, dan membuat siapapun yang melakukannya mendapatkan ketenangan jiwa. Oleh Karena itu, sudah menjadi kewajiban bagi kita para orangtua untuk mengajarkan nilai-nilai kejujuran kepada anak-anak kita sedari kecil.

Ayah dan bunda yang bijaksana, berikut ini adalah beberapa cara untuk menerapkan nilai-nilai kejujuran kepada anak :

  1. Berikan pemahaman mengenai pentingnya bersikap jujur
    Sebagai orangtua kita harus memahami terlebih dahulu esensi kejujuran dalam kehidupan ini. Sehingga apa yang akan kita ajarkan kepada anak kita akan memberikan pemahaman kepada anak mengenai pentingnya bersikap jujur. dan mengapa berhohong itu tidak baik dan berakibat buruk bagi diri sendiri dan orang lain. Misalnya, jika kita pernah sekali saja berbohong, maka selanjutnya orang lain tidak akan mempercayai omongan kita dan kita tidak akan memiliki teman.

2. Jadilah contoh yang baik
Jika kita ingin mengajarkan kejujuran pada anak, maka kita sebagai orangtua tentunya harus konsisten untuk selalu berkata dan berperilaku yang mencerminkan kejujuran. Misalnya jika anak bertanya mengenai sesuatu yang kita tidak mengerti jawabannya, maka katakan dengan jujur bahwa kita belum mengetahui dan kemudian ajak anak untuk bersama-sama mencari jawabannya.

3. Ajarkan kejujuran melalui kisah-kisah para nabi dan sahabat terdahulu
Selain memberikan pemahaman langsung akan pentingnya kejujuran, Ayah dan bunda juga bisa mengajarkan kejujuran pada anak melalui kisah kisah para sahabat terdahulu. Seperti kisah Nabi Muhammad shallahu a’alaihi salam

4. Jangan langsung memberi hukuman jika anak berbohong
Jika ananda ketahuan berbohong, sebaiknya kita sebagai oranngtua jangan langsung memarahi dan menghukumnya. Lebih baik, gunakan pendekatan dengan cara yang lebih halus, sehingga Ayah dan bunda bisa mengajaknya untuk bercerita jujur dengan lebih tenang. Hindari intonasi membentak dan menuduh, karena hal ini malah akan membuat mereka semakin menolak untuk mengatakan yang sebenarnya.

5. Tanamkan pendidikan agama.
Menanamkan pendidikan agama sedini mungkin merupakan cara yang paling baik untuk mengajarkan nilai-nilai kejujuran pada anak. Berikan pemahaman kepada mereka bahwa kapanpun dan di manapun mereka berbohong, ada Tuhan yang Maha Melihat dan akan selalu mencatat semua perbuatan mereka, baik itu perbuatan baik ataupun perbuatan buruk. Pemahaman seperti itu terbukti sangat efektif untuk mengajarkan kepada anak agar selalu berkata jujur.

6. Dorong mereka untuk mencari teman yang jujur
Pada dasarnya anak adalah peniru yang baik, maka dari itu ayah dan bunda bila Ananda berteman dengan anak-anak yang suka berbohong, besar kemungkinan mereka juga akan suka berbohong. Begitupun sebaliknya bila mereka berteman dngan anak-anak yang jujur, maka besar kemungkinan pula mereka bersikap jujur.

7. Berikan pemahaman pada anak bahwa “jujur itu nikmat”
Memberikan pemahaman kepada Ananda bahwasanya dengan berperilaku jujur dalam semua hal yang kita kerjakan, Insya Allah akan mengantarkan kita pada kehidupan yang tenang, damai, dan tanpa ada rasa bersalah. Berbeda dengan bila kita berbohong, maka kita akan selalu merasa gelisah dan was-was.

Ayah dan bunda yang budiman, mari kita bersama-sama menanamkan nilai kejujuran kepada anak-anak kita, agar kelak mereka menjadi pribadi yang jujur, memiliki pendirian yang kuat serta mampu membela kebenaran serta tidak gampang terpengaruh oleh orang-orang yang mencoba untuk menggoyahkan pendiriannya

Demikianlah beberapa cara untuk menanamkan kejujuran pada anak sejak usia dini ayah dan bunda. Semoga penjabaran diatas dapat membantu kita semua dalam mendidik buah hati agar menjadi pribadi yang jujur dan memiliki akhlak yang baik. Aamiin aamiin aamiin ya rabbal’alamiin. Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wa barakatuh.

Bagi ayah dan bunda yang sedang mencari BIMBEL (BIMBINGAN BELAJAR) ISLAMI untuk menunjang pendidikan islami anak, bisa kunjungi situs berikut ini :
www.rumahbermainbilal@gmail.com

Rumah bermain bilal membuka pendaftaran siswa baru meliputi usia :
• mulai usia 3 tahun (Toddler Class)
• mulai usia 4 tahun (Iqratahfidz Class)
• mulai usia 5-7 tahun ( Calistung Class)

Informasi lebih lanjut bisa hubungi Ummy wulan (0853-7630-1721) Menanamkan kejujuran pada anak sejak usia dini ialah dengan cara mengajarkannya berkata, berperilaku, serta bersikap jujur terhadap segala sesuatu yang kita kerjakan dapat menjadi pelajaran yang sangat berguna untuk kehidupannya kelak.

Menanamkan kejujuran pada anak sejak usia dini ialah dengan cara mengajarkannya berkata, berperilaku, serta bersikap jujur terhadap segala sesuatu yang kita kerjakan dapat menjadi pelajaran yang sangat berguna untuk kehidupannya kelak.